Ini Jawaban Jokowi Soal Terbukanya Keran Impor Daging Sapi dan Bawang Merah

By Admin


nusakini.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meresmikan pembukaan Lulu Hyperstore di Cakung, Jakarta, Selasa (31/5/2016) sore, mengemukakan, impor daging sapi yang diharapkan bisa mewujudkan harga di eceran menjadi Rp 80.000/kg saat ini masih dalam proses pengiriman, dan diharapkan pada minggu pertama bulan Ramadhan nanti, stok daging tersebut dapat segera didistribusikan.

Menjawab wartawan mengenai harga daging yang sudah melonjak tinggi menyentuh Rp 120.000/kg, Presiden mengatakan masih akan terus melihat perkembangan di pasar apakah harga daging dapat turun menjadi sekitar Rp. 80 ribu sebagaimana yang telah ditargetkan sebelumnya. 

“Masih dilihat. Minggu kedua nanti dilihat,” ujar Presiden. 

Lanjut Presiden, Kebijakan impor bawang merah yang saat ini dilakukan, dimaksudkan untuk mencukupi ketersediaan bibit bawang yang sekitar satu atau dua bulan ke depan akan dibutuhkan oleh para petani. 

“Kita melakukan impor bawang itu untuk mencukupi bibit yang kurang lebih sebulan atau dua bulan lagi dibutuhkan oleh petani. Karena kita lihat harga bibitnya saat ini sekitar Rp 42 ribu sampai Rp 43 ribu rupiah. Jadi impor bawang merah itu titik beratnya ada di bibit bawang. Sehingga, sekarang petani punya kesempatan untuk menyimpan bibit yang nantinya akan dikeluarkan,” jelas Presiden kepada para jurnalis yang menanyakan hal tersebut. (if/mk)